Statistik

Halaman ini ditujukan untuk memudahkan mahasiswa dalam memperoleh bahan mata kuliah Statistik sehingga diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang aplikasi statistik. Pertemuan di dalam ruangan kelas dirasa tidak cukup untuk dapat menjelaskan seluruh materi sesuai standar kurikulum.

Materi Perkuliahan Statistik I:

  1. DATA STATISTIK
  2. UKURAN NILAI PUSAT
  3. statistik-deskriptif-1
  4. statistik-deskriptif-2
  5. Korelasi linier data berkelompok
  6. REGRESI LINIER

Materi Perkuliahan Statistik Lanjutan:

  1. REGRESI LINIER
  2. Praktikum 1 SPSS
  3. Korelasi dan Determinasi Berganda

TUGAS KELOMPOK STATISTIK LANJUTAN

Setiap kelompok diminta melakukan survey lapangan untuk suatu kasus yang dianggap memiliki hubungan / pengaruh dan bisa dianalisis dengan regresi berganda. Ketentuannya, harus terdiri dari satu variabel dependent (Y) dan 2 variabel independent (X1, X2) dan jumlah respondennya (sampelnya) minimal 10 orang.

Contohnya melakukan survey untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar. Untuk kasus ini, Y adalah prestasi belajar yang diukur dari Indeks Prestasi (IP), X1 adalah minat belajar yang diukur dari adanya perhatian, adanya ketertarikan, dan adanya rasa senang terhadap mata kuliah yang diprogramkan. Lingkungan Belajar (X2) diukur dari suasana kampus, suasana ruang belajar, dan ketersediaan fasilitas belajar.

Tata Cara Skoring dan skala pengukuran dapat anda lihat dalam modul Praktikum 1 SPSS

———————————

Interpretasi Output SPSS

Seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh sikap pimpinan perusahaan, kondisi keuangan, dan iklim organisasi terhadap kepatuhan pajak di Kota Makassar. Setelah melakukan pengumpulan data kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Ver. 17. Output SPSS dan Interpretasi data dapat di download melalui link di bawah ini :

===> Contoh Interpretasi Output SPSS

———————————-

Master Software SPSS

Supaya bisa berlatih sendiri, master software SPSS dapat di download melalui link di bawah ini:

===>>  Master SPSS

===>>  Modul Bantu Untuk Praktikum Mandiri

7 tanggapan untuk “Statistik”

  1. asslm….pak, tugas statistiknya buat ak 2 10 resor yg mana pak??? kok z buka blogx bapak tpi blom ada padahal hari ini sdah hari kamis….

    Suka

  2. pa………. kapan materi tentang regresi berganda dan metode intrepretasi regeresi berganda untuk bahan final statistik 2 angkatan 2009 yang semester 4 terimaksih

    Suka

      1. pa……….. ini sudah malam senin…………… artinya besok sudah bpk postingkan, semoga bapak posting pagi sehingga kami bisa copy untuk teman -teman dikelas terimakasih

        Suka

Tinggalkan komentar