Economica Sites

Beranda » Uncategorized » Bisnis Center Unismuh: Asa, Sumber Pendanaan Baru

Bisnis Center Unismuh: Asa, Sumber Pendanaan Baru

ubc.Bisnis center dalam pengertian umum adalah sebuah pusat bisnis dalam bidang perdagangan barang dan jasa, jika itu tempatnya di perguruan tinggi berarti menyatu dalam kendali organisasi perguruan tinggi bersangkutan. Pengintegrasian kegiatan bisnis dengan pengelolaan pendidikan di dalam satu atap, diilhami oleh kenyataan bahwa sangat tidak mungkin pengelolaan pendidikan tinggi hanya mengandalkan sumber pendanaan dari mahasiswa. Bagi kampus swasta, tentu saja hal ini akan memberatkan, karena di satu sisi pengelolaan pendidikan tinggi sejantinya tidak berorientasi profit tapi lebih ke aspek sosial namun di sisi yang lain ada tuntutan peningkatan kualitas yang konsekuensinya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Universitas Muhammadiyah Makassar dengan visi menjadi perguruan tinggi yang terkemuka, unggul, terpercaya, mandiri, dan Islami menghadapi tantangan yang tidak semakin ringan. Era sekarang adalah era kompetitif, bukan hanya dalam lingkungan bisnis tetapi juga di bidang pengelolaan pendidikan tinggi. Lembaga penyelenggara kegiatan pendidikan saling berlomba untuk menjadikan dirinya bermutu, bukan hanya agar alumninya bisa bersaing di pasar kerja, tetapi juga agar kualitas layanan dalam proses pengelolaan pendidikan semakin baik. Salah satu kunci untuk bisa tetap survive secara berkelanjutan tentu saja tersedianya anggaran yang cukup untuk membiayai seluruh kegiatan yang disusun untuk pencapaian visi yang telah ditetapkan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menjamin tersedianya jumlah anggaran yang cukup adalah melalui pengembangan unit-unit usaha produktif yang bisa dikelola oleh pihak kampus. Beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia sudah mempraktekkan hal tersebut, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Malang yang sukses memperluas unit-unit usaha produktifnya, mulai dari hotel, taman rekreasi, stasiun pengisian BBM, rumah sakit, medical centre, pusat souvenir, sampai bengkel dan toko buku termasuk jasa persewaan UMM Dome. Seluruh kegiatan bisnis ini sesungguhnya bisa diintegrasikan dengan kebutuhan praktik mahasiswa untuk mata kuliah-mata kuliah tertentu yang berkaitan sehingga unit usaha yang ada tidak hanya untuk tujuan meraup keuntungan tetapi ada juga unsur edukasinya.

Di Universitas Muhammadiyah Makassar sendiri sudah ada Unit Business Centre (UBC) yang awalnya dirintis melalui kerjasama pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dengan Humber Business School Canada yang dibiayai oleh Pemerintah Kanada. Sebelum kerjasama ini sudah ada unit-unit usaha yang dikelola oleh pihak Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, semisal persewaan auditorium, persewaan Rusunawa, Persewaan Kendaraan, dan lain-lain. Seluruh unit usaha ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi arus dana masuk di Unismuh Makassar. Walaupun demikian, manfaat dari unit-unit usaha tersebut belum signifikan dapat meningkatkan pendapatan Universitas sehingga masih tetap mengandalkan pendapatan yang bersumber dari Mahasiswa. Salah satu kendala yang dihadapi adalah model pengelolaan yang terlihat belum profesional dan bersifat parsial, sehingga keberadaan UBC diharapkan dapat mengoptimalkan potensi pengembangan bisnis secara produktif dan profesional.

Belajar dari keberhasilan Universitas Muhammadiyah Malang dalam pengelolaan unit-unit usaha, kita mestinya optimistis bahwa banyak sekali peluang bisnis yang dapat dikelola dan dikembangkan oleh pihak Universitas ataupun BPH Unismuh Makassar, baik itu bisnis dalam bidang produksi barang maupun bisnis di bidang jasa. Bahkan kegiatan-kegiatan bisnis yang berpotensi dikembangkan adalah bisnis yang terintegrasi dengan kebutuhan warga kampus, termasuk yang berkaitan langsung dengan unsur edukasi kewirausahaan mahasiswa. Bersyukur bahwa pihak BPH menyahuti dengan baik ide untuk pengembangan bisnis centre di Unismuh, seperti yang terungkap saat rapat kerja tingkat Universitas beberapa waktu yang lalu. Beberapa bidang bisnis yang akan dilirik seperti hotel dan rumah kost/home stay, perparkiran, usaha penyewaan tenant, toserba, jasa diklat, percetakan, dan lain sebagainya. Jika itu semua bisa didorong maka kita bisa berharap bahwa ke depan, universitas tidak lagi hanya bergantung pada pendapatan dari mahasiswa melalui pembayaran SPP dan BPP semata. Semoga …


2 Komentar

  1. ANas van dackler mengatakan:

    tp saya mencoba mengakses website unimuh tgl 8/3/2016 Time Lock : 14:59 namun keterangannya dalam masa kadaluarsa sehingga saya pribadi tdk dapat lg mengikuti perkembangan arus informasi Unismuh makassar

    Suka

  2. ANas van dackler mengatakan:

    Mantap Pak Dosen…. #Jaya Selalu UNISMUH Makassar

    Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: