RSS

Perekonomian Indonesia

Materi kuliah Perekonomian Indonesia

Catatan: Passwordnya lima angka awal no stambuk anda

  1. Bahan Untuk Pertemuan 1 – 4
  2. Bahan Kuliah Pertemuan Kelima

—————————————————————————————————————

Soal Mid Test Jurusan Akuntansi FE Unismuh :

Berikut ini adalah soal mid test mata kuliah perekonomian Indonesia. Silahkan klik tautan berikut ini dan download filenya:

Soal Mid Semester

————————————————————————————————————–

NAMA-NAMA KELOMPOK

KELOMPOK 1 KELOMPOK II KELOMPOK III
1 Sahrullah 1 Abd. Khalik Rahim 1 Hartina
2 Hendra Azis 2 Nurhaini 2 Suhaedah
3 Suarni 3 Suardi 3 Meriam Zafitri Rauf
4 Wahyu Agung 4 Novita Dwi Utami Lestari 4 Asliah AM. Amin
5 Sri Wahyuni 5 Andi Syahring 5 Muh. Rizal Mansyur
6 Sauriah 6 Muh. Ashari Salim. T 6 Adi Putra AT
7 Harmila R. Putri 7 Bambang 7 Rusli
8 Herlina 8 Nurmiati L 8 Murniati Thihurua
9 Irsan 9 Arsani 9 Hamri
10 Natsir

——————————————————————————————————————

Tema Untuk Kelompok I

Kelompok ini membahas fenomena kemiskinan di Indoneisa. Data kemiskinan dapat anda lihat pada file ini –> Data Kemiskinan Juli 2009 (silahkan di download). Disamping itu, anda dapat menyimak pengantar berikut ini :

Ada banyak definisi dan konsep tentang kemiskinan, kemiskinan bisa dilihat sekedar ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar, kurangnya kesempatan berusaha, hingga pengertian yang lebih luas yang memasukkan aspek sosial dan moral.  Beberapa orang berpendapat bahwa kemiskinan itu terkait dengan sikap, budaya hidup, dan lingkungan . Kemiskinan  diartikan pula sebagai ketidakberdayaan sekelompok masyarakat terhadap sistem yang diterapkan oleh suatu pemerintahan sehingga mereka berada pada posisi yang sangat lemah dan tereksploitasi (kemiskinan struktural).

Sebagai anak bangsa, kita selalu dininabobokkan oleh cerita-cerita tentang kekayaan potensi alam negara Indonesia yang sejak awal menarik minat kaum penjajah. Fenomena semacam ini, hingga sekarang masih sering kita bicarakan, kita berbangga dengan kekayaan alam negara kita, tetapi kita terenyuh ketika menyaksikan bahwa kekayaan alam tersebut tidak maksimal dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.

Anda juga dapat membaca referensi tentang kemiskinan di link ini –> GLOBALISASI, KEMISKINAN, DAN POTRET BURAM

Untuk itu, kelompok I diminta :

  1. Mendefinisikan secara tegas apa itu kemiskinan, termasuk ukuran-ukurannya
  2. Mendiagnosa variabel-variabel penentu terjadinya kemiskinan di Indonesia
  3. Memberikan analisa ilmiah tentang upaya-upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia
  4. Memberikan rekomendasi terhadap langkah dan kebijakan yang perlu dilakukan guna mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia.

————————————————————————————————

Soal Mid Test Sistem Perekonomian Indonesia Sospol ADN

  1. Sistem Ekonomi Indonesia dikatakan tidak liberal-kapitalistik dan juga tidak bersifat etatistik (komando). Jelaskan hal tersebut disertai contoh implementasinya dalam perekonomian saat ini.
  2. Pasal 33 UUD 1945 yang menjadi landasan utama sistem perekonomian Indonesia mengisyaratkan strategisnya peran negara dalam mengatur perekonomian nasional, di samping adanya “perintah” konstitutional untuk melindungi kepentingan rakyat. Jelaskan bagaimana implementasinya saat ini.
  3. Baca dan Simak Baik-Baik Wacana di bawah ini !

Latar belakang sejarah dan corak struktur perekonomian Indonesia tidak dapat dipisahkan dari sejarah kolonialisme yang dialami negeri ini. Sebagaimana diketahui, terhitung sejak awal abad ke 17, bangsa Indonesia secara berturut-turut dijajah oleh serikat dagang Belanda yang bernama VOC, oleh Kerajaan Belanda, oleh Kerajaan Inggris, dan oleh pemerintah pendudukan Jepang.

Dampak yang sangat serius dari penajajahan yang berlangsung selama tiga setengah abad itu adalah pada terbentuknya struktur perekonomian yang bercorak kolonial di Indonesia. Presiden pertama Indonesia Ahmad Soekarno, yang menyoroti sisi internasional fenomena tersebut, mengemukakan tiga hal berikut sebagai ciri utama struktur perekonomian Indonesia yang bercorak kolonial itu. Pertama, perekonomian Indonesia hanya diposisikan sebagai produsen komoditas-komoditas primer untuk diekspor ke pusat-pusat kapitalisme internasional Kedua, perekonomian Indonesia hanya diposisikan sebagai pasar barang-barang jadi yang diproduksi di pusat-pusat kapitalisme di dunia. Dan ketiga, perekonomian Indonesia cenderung menjadi tujuan tempat memutar kelebihan kapital yang terdapat di pusat-pusat kapitalisme internasional itu.

Sedangkan wakil presiden pertama Indonesia Mohammad Hatta, lebih memusatkan perhatiannya terhadap sisi domestik dari struktur perekonomian Indonesia yang bercorak kolonial tersebut. Menurut beliau, salah satu ciri dari struktur perekonomian Indonesia yang bercorak kolonial itu adalah pada terbaginya masyarakat Indonesia menjadi tiga strata sebagai berikut. Lapisan paling atas, yang memiliki akses paling besar terhadap sumberdaya alam Indonesia, diisi oleh warga Eropa. Lapisan tengah, yang menguasai sektor perdagangan barang dan jasa, ditempati oleh warga Timur Asing. Sedangkan lapisan bawah diisi oleh mayoritas penduduk asli Indonesia yang dikenal sebagai kaum pribumi.

Dengan memahami latar belakang sejarah dan corak struktur perekonomian Indonesia itu maka perlu saya garis bawahi bahwa tujuan perjuangan kemerdekaan Indonesia sejak semula tidak terbatas hanya pada upaya untuk merebut kedaulatan politik. Setidak-tidaknya, kedaulatan politik bukanlah tujuan utama. Tujuan utama perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah untuk mengoreksi struktur ekonomi kolonial yang diwarisinya dari para penjajah. Secara tegas, sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar Republik Indonesia, tujuan pendirian negara Republik Indonesia adalah: Pertama, untuk melindungi segenap tumpah darah dan seluruh tanah air Indonesia. Kedua, untuk memajukan kesejahteran umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan ketiga, untuk dapat turut serta dalam menciptakan perdamaian dunia.

Dalam rangka mencapai ketiga tujuan tersebut, maka dalam bidang ekonomi para pendiri bangsa Indonesia menggariskan perlunya upaya sistemik untuk mewujudkan demokrasi ekonomi di Indonesia. Sebagaimana diuraikan secara terinci dalam Pasal 33 UUD 1945, upaya sistemik untuk mewujudkan demokrasi ekonomi itu harus dilakukan berdasarkan tiga pedoman sebagai berikut. Pertama, perekonomian Indonesia harus disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Kedua, cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara. Dan ketiga, bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pertanyaannya :

  • Kemukakan analisa ilmiah anda terhadap kondisi faktual seperti dalam bacaan di atas, Bagaimana dampaknya terhadap kondisi kekinian perekonomian Indonesia.
  • Jelaskan pendapat anda, bagaimana keterkaitan antara fenomena kesejarahan seperti disebutkan dalam tulisan di atas dengan pemaksaan liberalisasi atau “kolonisasi” gaya baru bagi Indonesia.
  • Kemukakan saran dan pendapat anda terkait dengan agenda penting yang harus dilakukan Indonesia dalam memajukan perekonomian sesuai semangat pasal 33 UUD 1945.

Selamat Bekerja… dikumpul sebelum pertemuan berikut…

KELOMPOK 1
1 Sahrullah
2 Hendra Azis
3 Suarni
4 Wahyu Agung
5 Sri Wahyuni
6 Sauriah
7 Harmila R. Putri
8 Herlina
9 Irsan
 

22 responses to “Perekonomian Indonesia

  1. Cedrick Stoiber

    1 Mei 2013 at 1:16 am

    Definitely imagine that that you said. Your favorite reason seemed to be at the internet the simplest thing to bear
    in mind of. I say to you, I definitely get annoyed even as folks think about concerns that they plainly don’t recognise about. You controlled to hit the nail upon the top and outlined out the whole thing with no need side effect , folks could take a signal. Will likely be again to get more. Thanks

     
  2. Ilmu ku dan Kamu

    29 Januari 2013 at 10:41 am

    mantappp

     
  3. jufri 2 j

    2 Mei 2011 at 10:07 am

    bapak mn untuk i.p,
    ms untk anak adn aza

     
    • ismail

      2 Mei 2011 at 1:46 pm

      Materi kuliahnya sama saja semua, anda masuk di menu SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA. Jangan di Mata Kuliah Perekonomian Indonesia karena itu untuk anak ekonomi…

       
  4. Abd. Khaliq Rahim

    29 Desember 2009 at 2:16 pm

    Assalamu alaikum Wr. Wb…

    Pak, apakah tugas sy sudah masuk pak??? saya mengirim sehari sebelum jeda waktu yang ditentukan…..

     
  5. sahrullah

    26 Desember 2009 at 8:37 am

    salam perubahan pak……
    mau nanya bentuk jawaban dari soal diatas…
    apa makalah atau…
    artikel dan minimal berapa lembar…

     
    • ismail

      29 Desember 2009 at 8:32 am

      cukup anda buat pointer-pointer atas kasus tersebut yang akan dipresentasekan di kelas. Silahkan anda berimprovisasi… tujuan akhirx sebetulnya adalah agar anda terlatih dalam menganalisis persoalan dalam bentuk opini ilmiah dan bertanggung jawab.

       
  6. Abd. Khalik

    15 Desember 2009 at 1:53 pm

    Pak!!! gmn kalau jawabannya berdasarkan informasi di internet, trus di jadikan rujukan???

     
    • ismail

      17 Desember 2009 at 6:56 am

      gak ada masalah, silahkan tp tolong di elaborasi agar tdk terkesan sekedar copy paste

       
  7. Asliah

    15 Desember 2009 at 12:49 pm

    Asslm.. mf pak nanya itu soal nmr 1 wjib di jelaskan&bisa tdk sesuai dgn bhan mata kuliahx bpk?????
    wassalam…

     
    • ismail

      17 Desember 2009 at 6:57 am

      boleh, gak masalah… silahkan berikan argumentasi secara ilmiah dan bisa dipertanggung jawabkan, itu yg penting…

       
  8. Asliah

    15 Desember 2009 at 12:02 pm

    asslm.. mf pak nanya, itu soal nomor satu wjib di jelaskan&bisa tdk sesuai dgn materi yg bpk berikan????
    wassalam..

     
  9. hartina

    14 Desember 2009 at 2:04 am

    aswabar…….
    kapan ada soal MID nya ???

     
  10. suhaedah

    14 Desember 2009 at 1:43 am

    kira-kira jam berapa soal MID nya ada ?

     
  11. Hendra Azis

    11 Desember 2009 at 10:56 am

    Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    to the point mi pak !
    ngomong2 kapan pak ada soal MID nya ?

     
    • ismail

      12 Desember 2009 at 8:32 am

      Insya allah, senin

       
    • Hendra Azis

      13 Desember 2009 at 5:54 am

      Thank’s ….

      pak.

       
  12. sahrullah

    19 November 2009 at 8:40 am

    gamana cara ambil datx???

     
    • ismail

      20 November 2009 at 3:44 am

      maaf utk materi sistem perekonomi indonesia memang belum di upload materinya..

       
    • sahrullah

      14 Desember 2009 at 12:43 pm

      pak.apa boleh jawaban midx diambil dari buku???

       
      • ismail

        15 Desember 2009 at 5:11 am

        mengambil jawaban di buku dimungkinkan sepanjang pertanyaannya bukan meminta tanggapan atau pendapat anda…

         
        • aris

          21 Juli 2013 at 2:44 pm

          jawabannya bisa lihat ga?

           

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: